MASIH' HANGAT
Loading...

Mengenal Apa Itu Skimming ! Modus Usang Oleh Si Bule Pembobol Atm


Baru - baru ini Indonesia di hebohkan dengan berita seorang warga negara asing yang berhasil mencuri berjuta - juta uang di ATM. Yang menjadi tanda tanya yaitu bagaimana uang sebanyak itu dan ter lindungi oleh sistem canggih bisa diraup begitu saja tanpa ketahuan sama sekali.
Yap , pelaku ini dapat mudah menguras isi ATM ini karena ia menggunakan cara yang dinamakan "Skimming" , apa sih skimming itu ? admin akan ulas di artikel ini.


Skimming merupakan tindak kejahatan yang dilakukan pelaku dengan cara menggandakan data atau identitas pemilik nasabah korban. Jadi skimming ini cara kerjanya seperti mesin scan yang akan otomatis mengklon data atm korban saat kartu melewati alat skimming , tentunya ini termasuk ilegal ya sobat.
Pelaku biasanya menaruh alat ini di moncong lubang kartu atm , bentuknya memang tidak begitu mencurigakan karena nasabah mengira alat ini memang dari pihak bank itu sendiri.
Nah oleh karena itu pihak bank pun awalnya tidak mencurigainya , karena "penarikan" uang ini memang menggunakan data dari nasabah , jadi terlihat sebagai proses tarik tunai yang legal.

Cara Kerja Pelaku Skimming

1. Pelaku mencari target ATM yang akan diberi alat skimming , tentu pelaku memilih tempat yang sepi dan jauh dari pantauan cctv.

2. Skimmer / Pelaku skimming memulai aksinya dengan memasangkan alat ke ATM dan menunggu korban.

3. Setelah itu pelaku menduplikasi data magnetic stripe (garis hitam di belakang kartu atm) lalu mengklon ke sebuah kartu atm kosong. Proses mengklon ini ada dua cara tergantung se canggih apa alat yang pelaku gunakan. Untuk cara manual yaitu pelaku mengambil kembali "chip data" yang berada pada alat skimming , cara yang kedua yaitu pelaku tidak usah repot - repot mengambil "chip data" karena data korban sudah otomatis terkirim ke pelaku via sms.

Tips Menghindari Skimming

1. Sebisa mungkin hindari atm yang jauh dari keramaian dan pantauan cctv
2. Perhatikan moncong lubang atm , jika mencurigakan lebih baik tinggalkan
3. Minimalisir transaksi dengan mesin atm , sobat bisa gunakan e-banking atau semacamnya


Itulah pengertian dan sedikit tips untuk menghindari skimming , semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment