MASIH' HANGAT
Loading...

Memperbanyak Wifi dengan Cara Menyambungkan Router Melalui Kabel Lan


Jika sobat ingin menambah wifi rumah tak perlu repot lagi caranya , yaitu hanya dengan menyambungkan router sumber ke 2 router atau lebih.
Mungkin cara ini juga berguna untuk memperluas pancaran wifi kita dalam artian bukan wifi sumber lalu kita lebarkan jangkauannya , tetapi wifi yang berasal dari router utama kita perluas dengan perantara kabel lan tadi lalu menuju ke router yang sobat letakkan jauh dari router utama.
Jadi cara ini bisa digunakan bukan hanya untuk 2 router , tetapi bisa lebih dari itu.
Sesuai deskripsi diatas pada dasarnya cara menghubungkan router ini paling mudah menggunakan kabel LAN , lalu bagaimana caranya.? silahkan ikuti tutorialnya.

Ini adalah wifi saya sebelum menambahkan router , terlihat hanya satu SSID saja.


1. Pertama sobat siapkan router utama , kabel LAN tambahan dan router yang ingin di sambungkan tentu juga termasuk kabel power ya sobat.




2. Jika sudah coba sobat lihat di bagian belakang router utama , disitu ada beberapa slot untuk memasukkan kabel. Sobat hubungkan kabel LAN tadi ke bagian slot LAN. Disini router saya terdapat beberapa slot, slot yang ke empat saya gunakan untuk UseeTV oleh karena itu saya menghubungkan ke slot ketiga, sobat silahkan menyesuaikan.




3. Setelah itu lihat bagian belakang router tambahan , masih sama yaitu ada beberapa slot . Tetapi disini sobat hubungkan ke slot warna biru , biasanya tertulis internet atau wan . Disini router saya tertulis internet.




4. Lalu hidupkan routernya dan cek apakah sudah muncul SSID dari router tambahan tersebut.


5. Connect ke wifi tersebut , cek apakah koneksi internetnya sudah terhubung.




6. Jika sudah bisa berarti cara diatas berhasil , lain kali kami akan membuat solusi bagi sobat yang masih memiliki kendala limited connection.

Begitulah cara menghubungkan 2 router atau lebih dengan menggunakan kabel LAN , semoga bermanfaat.

14 comments: Leave Your Comments

  1. Hi.
    Mau tanya sedikit, kabel LAN category berapa yang cocok untuk menyambungkan wifi router ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kalau di web ini: https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-kabel-utp/
      Banyak sekali tipe tipe nya

      Trims

      Delete
  2. Bang mau mau tanya, saya menyambung menjadi 2 router wifi. Tpi yang conect cuman bisa ke laptop saja. Ke hp tdk bisa bang. Solusinya gimana bang.

    ReplyDelete
  3. om mau tanya saya nyambu router dari temen ke rumah saya.
    terus mau ganti passwod kok tidak bisa login ke modem ZTE.
    apa harus ganti passwod dari modem temen saya apa gmn om mohon solusi omm..😢😢😢

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Min mau tau itu kabel lan merk apa dan tipe yg ap.? Trims

      Delete
  5. Om..klo mau nyambungin kabel lan dari hub ke modem wifi settingannya gimana ya

    ReplyDelete
  6. Saya pake indihome diparalel kok yg kedua sinyal kuat tp koneksi internet lemah kenapa ya

    ReplyDelete
  7. Halo gan, ad yg tau gak kalo wifi id itu bisa di paralel?
    Saya sudah coba pake router & kabel lan.
    Terhubung sih tp ndak ad akses internet

    ReplyDelete
  8. Maaf mau tanya,sy baru pasang Indihome dgn 3 router,tp router yg k 3 knp bisa terhubung tp signal wifi penuh.

    ReplyDelete
  9. #tidak terhubung tp signal wifi penuh..sedangkan router yg lain bisa akses internet

    ReplyDelete
  10. Kalau sambung dari router ke 2 ke router berikutnya atau yg ke 3 tu a, apa dibolehkan? Trimakasih

    ReplyDelete