MASIH' HANGAT
Loading...

Pusing Saat Terkena Air Hujan.? Beginilah Penjelasannya


Di negara tropis seperti ini pasti sobat sudah sangat tidak asing lagi dengan hujan. Tentu saja , selain musim kemarau di Indonesia terdapat musim turunnya air yaitu hujan. Tetapi terkadang seseorang tidak bisa memprediksi akan waktu turunnya hujan , walaupun ramalan cuaca di smartphone kalian memperlihatkan bahwa tidak akan turun hujan untuk hari itu , ya itu hanya ramalan beruntung bisa terjadi dan tidak.
Entah disengaja atau tidak kita pasti pernah merasakan kehujanan lalu membuat kepala kita basah karena rintikan air hujan itu , dan penyebab itulah yang membuat kepala kita menjadi pusing. Lalu mengapa saat kita mengalami pusing saat terkena air hujan.? Beginilah alasan paling kuat dari penyebab kepala kita mengalami pusing tersebut:

1. Kandungan Air Hujan Itu Sendiri


Jika kita berada di wilayah yang tingkat pencemaran udaranya sangat kotor akan mudah bagi sobat mengalami pusing, karena rintik-rintik hujan yang turun itu mengandung gas atau senyawa yang ada di udara tersebut sehingga kandungan air hujan menjadi semakin asam. Dan jika hujan yang turun hanya sedikit atau gerimis itu malah sangat rentan sobat , karena tingkat konsentrasi asam dari gas atau senyawa tersebut menjadi meningkat.

2. Suhu yang Berubah Secara Mendadak

Suhu yang berubah ini menjadi penyebab yang umum juga , karena saat terkena paparan suhu dingin yang mendadak menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah kita. Air hujan akan membuat tubuh kita berusaha mengeluarkan energi yang besar untuk mengurangi rasa dingin akibat hujan ini dan penyebab lain yaitu tingkat tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung mengakibatkan kekebalan tubuh menurun.

3. Infeksi Virus

Karena sistem kekebalan yang menurun akibat hujan tadi , maka virus memiliki kesempatan untuk memasuki tubuh kita dari celah ini lalu menginfeksi tubuh manusia satu sama lain.


Cara Mengatasi Pusing Terkena Air Hujan :

  • Jika sobat sudah terkena air hujan , segeralah basuh seluruh badan dengan air tawar , terutama pada bagian kepala .Karena seperti yang dijelaskan di atas air hujan sangat rentan membawa virus dan membuat kekebalan tubuh menurun.
  • Lalu bila sobat sedang bepergian jauh dan kehujanan , usahakan jika sobat membawa pakaian cadangan segeralah keringkan tubuh lalu berganti pakaian. Hal itu dapat mengurangi suhu yang dingin dan virus yang mengganggu kekebalan tubuh.
  • Terakhir jika sobat sudah terkena penyakit pusing atau bahkan pilek , batuk dsb. Segera minum obat dan istirahatlah yang cukup.
Itulah penjelasan dari mengapa kepala kita menjadi pusing saat terkena air hujan. Bila sobat ingin berpergian jauh jangan lupa untuk membawa jas hujan atau obat yang cukup . Karena kita tidak pernah tahu kapan hujan akan turun.


0 comments:

Post a Comment