MASIH' HANGAT
Loading...

Apasih Sih Virus Wannacry Itu.?


Sejak sepekan yang lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan munculnya sebuah teroris tetapi dengan bentuk cyber , yaitu Virus Ransomware Wannacry.
Iya benar mengapa kami sebut teroris , karena virus tersebut seakan menyandera file yang kita sayangi dan penting dengan meminta tebusan jika ingin file tersebut kembali. Sungguh kejam bukan.? Tak main" jumlah tebusan yang virus ini minta. Virus tersebut meminta tebusan dengan jumlah US$ 300 atau jika di konversi rupiah yaitu sekitar Rp 3,9 juta.

Tetapi sudah lama kasus ini beredar pasti banyak yang bertanya-tanya tentang apasih , mengapa , dan darimana virus ini berasal .? Oleh karena kami akan mengupas tuntas tentang semua hal mengenai Virus Ransomware Wannacry ini.

Ransomware Itu Sendiri
Secara garis beras ransomware adalah sejenis virus malware yang cara kerjanya yaitu menginveksi komputer korban lalu mengenkripsi file-file yang berada di dalam komputer tersebut dan kemudian virus tersebut meminta tebusan berupa uang kepada pemilik komputer yang terinveksi.Untuk masyarakat awam mengira virus ini baru pertama kali muncul sebenarnya virus Ransomware ini sudah cukup lama beredar lewat dunia cyber , sama persis cara kerja dari virus ini yaitu meminta tebusan agar file yang dicuri dapat kembali.

Awal Mula Virus Wannacry
Seperti info yang beredar , Wannacry ini berawal dari bocornya sebuah tool atau perangkat lunak agen Amerika Serikat yaitu National Security Agency (NSA) yaitu sebuah kode pemograman atau dalam dunia cyber dikenal sebagi Exploit untuk menyelidiki berbagai masalah dengan memanfaatkan celah keamanan dari Sistem Operasi terkemuka yaitu Windows.
Nah dari sini hacker yang mendapatkan tool tersebut lalu memanfaatkan Celah Keamanan Windows / Exploit lalu membuat sebuah program bernama Wannacry dan mulai meracuni komputer-komputer korban seperti masyarakat di Indonesia sekarang ini.
Dengan korban pertama yaitu dua Rumah Sakit di Indonesia yang langsung terkena dampak dari virusi ini , hal itu membuat semua pelayan di Rumah Sakit di hentikan . Mulai dari proses antrian,farmasi,manajemen,dll tidak bisa di gunakan.

Bagaimana penyebaran virus Ransomware.?
Virus ini menginfeksi komputer dengan cara mengirim link ke private mail korban , lalu jika korban membuka email tersebut secara langsung file itu akan terunduh lalu menginfeki komputer korban.
Lalu penyebaran yang selanjutnya melalui website ,dengan penyebaran melalui website banyak korban secara tidak sadar telah masuk ke jebakan mereka.

Mengapa tidak ditangkap jika korban tahu rekening yang akan di transfer.?


Pasti banyak yang bertanya-tanya , kan kita tahu uang akan ditransfer kemana.? mengapa tidak langsung dilacak saja.?. Iya mungkin benar jika pelaku menggunakan rekening dengan bank" umum , tetapi tentu pembuat virus ini cerdas sobat. Pelaku ini meminta uang hanya dengan melalui BitCoin.
Yap benar Bitcoin. Lalu mengapa demikian.? Karena BitCoin merupakan mata uang krypto yang sulit dilacak. Pemegang akun ini seperti hantu didunia siber , karena kita tidak pernah tahu siapa pemilik asli dari akun BitCoin pelaku , jadi banyak pemilih akun BitCoin ini adalah anonim / tidak jelas pemiliknya.

Cara Antisipasi Virus Ini Menyebar ke Komputer

1. Membackup data ke hardisk


Meskipun tidak ada virus ini , apa salahnya jika kita membackup data secara berkala. Selain agar terhindar dari virus ini , juga sewaktu-waktu ada file yang tidak sengaja dihapus bisa kita restore lagi.

2. Tidak asal membuka link


Banyak link-link yang beredar saat kita membuka email atau website , jika kita tidak berhati-hati mungkin saja diantara link tersebut ada yang disusupi virus Ransomware.

3. Selalu update sistem operasi dan antivirus


Dengan mengupdate kedua hal tersebut maka dapat memperkecil hal buruk dari masuknya virus ke komputer , pasti perangkat lunak ini selalu menemukan tutup dari "celah-celah" yang ada , oleh karena itu selalu update perangkat lunak sobat.

Sekian Sobat




0 comments:

Post a Comment